Penyebab Wasir atau Ambeien dan Cara Mengobatinya

Penyebab Wasir atau Ambeien, Wasir atau ambeien ialah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dlm kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yg tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dpt menunjukkan beberapa gejala atau bila terkena trombosis akn ada nyeri signifikan & pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus serta rektum sebagai ”wasir” serta bahwa penyebab serius gejala tersebut mesti disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belom diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya memiliki andil dalam perkembangan kondisi ini.

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID utk membantu mengatasi nyeri, serta istirahat. Beberapa prosedur kecil dpt dilakukan bila gejalanya parah atau tidak membaik dgn penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi cuma utk pasien yg gak membaik setelah beragam tindakan itu dilakukan. Setengah dari seluruh populasi bisa mengalami wasir suatu ketika di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.

Wasir internal dan eksternal dapat muncul berbeda; namun, banyak org bisa mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa. Banyak orang merasa malu saat menghadapi masalah ini & biasanya baru mencari perawatan medis saat kasusnya telah lanjut.

Eksternal
Jika ngga terkena trombosis, wasir eksternal dpt menyebabkan beberapa masalah. Namun, bila terkena trombosis, wasir bisa sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Bisa tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar serta menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dpt memunculkan iritasi pada kulit di sekelilingnya & gatal di sekitar anus.

Internal
Wasir internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dlm kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dpt berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, serta inkontinensia feses. Wasir internal biasanya hanya terasa sakit bila terjadi trombosis atau nekrosis.

Sumber: www.obatambeienampuh.com